Cara Mengobati Kucing Mencret

Cara Mengobati Kucing Mencret Secara Ampuh dan Aman

Diposting pada

Cara Mengobati Kucing Mencret – Jika kucing Anda mengalami diare pasti Anda akan sangat repot karena kucing akan mengalami proses buang kotoran yang terus menerus, kucing merupakan hewan yang sangat sering mengalami diare, diare pada kucing juga sering dialami oleh anak kucing sampai pada kucing dewasa, akan tetapi anak kucing lebih sering mengalami diare atau mencret daripada kucing dewasa.

Pertanda diare pada kucing adalah berubahnya kotoran kucing menjadi tidak normal dan berubah warna. Bentuk kotoran kucing sendiri menjadi lembek dan encer, selain itu kucing juga akan mengalami frekuensi buang kotoran yang terlalu sering. Kucing juga akan mengalami muntah dan terlihat lemas dan lesu serta nafsu makan berkurang.

Penyebab kucing mencret bisa berbagai macam, namun salah satu penyebab mencret adalah memakan makanan sisa, memakan makanan sisa bisa membuat kucing Anda mengalami mencret ini biasanya terjadi pada kucing yang sering keluar rumah dan memakan berbagai makanan basi di luar rumah. Maka jika Anda mempunyai kucing ada baik nya  kucing tetap berada di dalam rumah agar bisa mendapat perawatan dari Anda mulai dari segi kesehatan bulu dan makanan.

Cara Mengobati Kucing Mencret

Namun apabila kucing sudah terkena diare atau mencret, maka akan sangat merepotkan bukan bagi Anda, karena harus melakukan perawatan agar kucing dapat disembuhkan, ada beberapa cara mengobati kucing mencret yang wajib Anda coba. Beberapa cara nya adalah berikut ini.

Memberikan Yoghurt

Jika kucing Anda mengalami gejala atau sudah terjangkit penyakit diare atau mencret maka berikan kepada kucing Anda Yoghurt, karena di dalam yoghurt terkandung Lactobacillus, dimana Lactobacillus ini masuk ke dalam kategori non patogen.

  Cara Mengobati Kucing Sakit Flu

Bakteri Lactobacillus ini akan membantu perbaikan usus dan pencernaan, pada kucing Anda yang mengalami sakit mencret. Pemberian Yoghurt ini sebaik nya  1-3 sendok saja per hari. Dengan memberikan Yoghurt secara rutin, maka proses penyembuhan kucing Anda akan semakin cepat dan pencernaannya akan segera sehat dan membaik. Dengan pencernaan pada kucing Anda yang semakin membaik, akan membuat kucing Anda bisa buang kotoran secara normal.

Memberikan Cairan Oralit

Dengan memberikan oralit maka diare yang terjadi pada kucing Anda akan berkurang, karena fungsi dari oralit sendiri adalah meredakan mencret dan menghambat diare atau mencret, sehingga frekuensi buang kotoran secara terus – menerus akan berkurang. Dengan mengkonsumsi oralit maka kucing Anda akan pulih dari diare. Anda dapat mencari oralit khusus hewan di petshop terdekat, jangan memberikan oralit untuk manusia kepada kucing, tapi berikan oralit khusus kucing.

Memberikan Vitamin Khusus Kucing

Cara Mengobati Kucing Mencret

Memberikan multivitamin sangat diperlukan untuk kucing Anda yang sedang mengalami gejala atau sakit diare. Karena fungsi dari vitamin tersebut adalah memberikan kepada kucing nutrisi yang terkandung dalam vitamin tersebut, sehingga daya tahan tubuh kucing akan meningkat. Dan pemberian vitamin juga dapat mematikan bakteri – bakteri atau virus yang bersarang pada tubuh kucing, yang menyebabkan kucing Anda diare atau mencret.

Memberikan vitamin adalah salah satu cara mengobati kucing mencret yang ampuh. Karena dengan adanya nutrisi yang kuat, maka kesehatan kucing Anda juga akan selalu terjaga dan kebal terhadap berbagai macam penyakit yang menyerang di berbagai musim.

Mengganti Menu Makanan Kucing

Cara Mengobati Kucing Mencret

Diare pada kucing sering terjadi dikarenakan perubahan makanan yang diberikan oleh pemilik kucing. Perubahan makanan yang diberikan akan berpengaruh terhadap pencernaan kucing, perubahan pola makan seharusnya tidak dilakukan, mengingat pencernaan kucing sudah terbiasa dengan makanan yang cocok diberikan kepada kucing.

  Cara Merawat dan Budidaya Pisang 40 Hari Agar Cepat Berbuah dan Panen

Maka hal yang harus dilakukan agar kucing bisa kembali pulih dari diare adalah mengganti makanan kucing ke makanan yang semula diberikan kepada kucing, hal ini adalah agar pencernaan kucing menjadi sehat kembali.

Biasanya pemilik kucing mengganti makanan, karena harga makanan terlalu mahal atau sekedar ingin mencoba makanan baru yang lebih menarik kelihatannya, namun hal ini akan sangat berdampak buruk pada kucing. Seharusnya Anda lebih memperhatikan kesehatan pencernaan kucing Anda.

Bersihkan Tempat Makan dan Kandang

Cara mengobati kucing mencret selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan tempat makan dan kandang kucing, karena sangat berpengaruh terhadap kesehatan kucing, tidak hanya kesehatan pencernaan namun seluruh kesehatan tubuh. Karena dengan menjaga kebersihan tempat makan dan kandang kucing akan mencegah bakteri – bakteri yang berbahaya bersarang pada tempat makan dan kandang kucing.

Jangan membiarkan kandang menjadi lembab, karena kandang yang lembab akan menjadi sarang bakteri. Jika kucing Anda terkena diare biasanya penyebab utamanya bisa karena faktor kebersihan tersebut. Ketika kucing Anda sudah terjangkit Diare maka ada baiknya Anda membersihkan tempat makan dan kandang, agar bakteri penyebab diare yang menyerang pencernaan kucing Anda dapat hilang.

Ada baiknya Anda juga mengganti tempat makan dan kandang kucing Anda yang sudah lama tidak diganti, karena dengan digantinya tempat makan dan kandang akan membuat kucing Anda nyaman dan tentu nya bebas dari bakteri, karena tempat makan dan kandang yang terbuat dari besi, jika sudah lama tidak diganti akan berkarat, dengan berkarat akan terdapat banyak bakteri yang tidak baik bersarang di tempat makan dan kandang kucing Anda, sehingga berbahaya untuk kesehatan kucing Anda.

Memberikan Tempe Pada Kucing

Memberikan tempe pada kucing adalah cara mengobati kucing mencret secara alami. Meskipun ada pengobatan kucing secara kimia dengan menggunakan obat – obatan yang didapat dari petshop namun ada baiknya Anda mencoba memberikan pengobatan pada kucing secara alami.

  Cara Merawat dan Budidaya Pisang 40 Hari Agar Cepat Berbuah dan Panen

Mengobati kucing diare dengan tempe sangat memudahkan pemilik kucing, dikarenakan tempe adalah makanan yang mudah didapatkan. Anda bisa mendapatkan tempe dengan membeli di pasar maupun di warung terdekat. Cara mengolahnya pun sangat mudah. Anda hanya harus merebus tempe dan mencampurkan dengan makanan kucing, lalu memberikan tempe kepada kucing Anda.

Mengapa harus tempe? Karena dari sejak dulu tempe sangat dipercaya untuk menyembuhkan penyakit mencret pada hewan maupun manusia karena kedelai yang terkandung di dalamnya bisa mempersulit bakteri penjangkit penyakit menempel di sel-sel usus.

Kucing Harus Berpuasa

Kucing yang mengalami penyesuaian dengan pergantian makanan baru atau tidak cocok dengan makanan yang diberikan oleh pemiliknya akan membuat pencernaan kucing harus beradaptasi dengan makanan baru. Apabila kucing cocok dengan makanan barunya maka tidak akan terjadi diare, namun jika tidak cocok dengan makanan barunya maka kucing akan mengalami diare.

Salah satu cara untuk mengatasi ini adalah menyuruh kucing berpuasa 12 hingga 24 jam untuk meredakan gejala atau penyakit diare yang dialami oleh kucing. Setelah kucing sudah berpuasa maka berikan kembali makanan yang semula telah diberikan kepada kucing dan cocok dengan si kucing, yang mana pada saat kucing mengkonsumsi tidak terjadi diare atau mencret.

Bila kucing Anda mengalami diare atau mencret, maka Anda tidak boleh panik terlebih dahulu. Cobalah cara mengobati kucing mencret diatas, dengan mencoba cara – cara diatas maka kucing Anda akan mengalami pemulihan. Jaga kesehatan hewan peliharaan Anda. Apabila Anda adalah pecinta binatang, maka Anda akan sangat menyayangi hewan peliharaan Anda dan menjaga serta merawatnya dengan kasih sayang.

Terimakasih karena telah memilih website ini dan menyempatkan waktu untuk membaca artikel tentang Cara Mengobati Kucing Mencret Secara Ampuh dan Aman, anda berada dipenghujung halaman pada artikel ini, jangan lupa untuk kembali ke website FittingReality.com agar mendapatkan wawasan, pengetahuan atau informasi dari artikel terbaru. Sebarkan postingan ini kepada kerabat anda supaya mereka juga dapat membacanya, semoga bermanfaat.