Pengertian Algoritma dan Contohnya
Pengertian Algoritma dan Contohnya

Pengertian Algoritma dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian algoritma dan contohnya sudah terkenal sejak dahulu, dan dikenal dalam program komputer. Hal ini karena algoritma sudah sering bahkan selalu digunakan dalam aktivitas yang berkaitan dengan dunia komputer. Algoritma bukan hanya digunakan dalam dunia komputer tapi juga pada matematika dan juga kehidupan sehari-hari. Algoritma memiliki fungsi yang dapat menyelesaikan masalah, dan juga fungsi lainnya.

Definisi yang diberikan oleh beberapa pendapat mengenai pengertian algoritma dan contohnya sangat banyak. Perbedaan dari beberapa pendapat ini memiliki satu makna yang sama dengan tujuan yang sama juga. Berikut ini merupakan definisi pengertian dari berbagai pendapat mengenai algoritma dan juga contoh.

Pengertian Algoritma 

Algoritma merupakan sebuah susunan atau langkah-langkah yang logis dan tersistematis untuk digunakan dalam penyelesaian dan pemecahan suatu masalah. Pada pendapat lain menjelaskan algoritma merupakan proses urutan dari perhitungan atau pada operasi pencarian solusi masalah. Algoritma adalah salah satu metode yang diurutkan dalam instruksi-instruksi yang sudah terdefinisi dan dirancang dengan baik untuk menghitung fungsi.

Jika dalam dunia matematika dan komputer algoritma ini merupakan prosedur atau tahapan perhitungan dan proses pendataan. Pengertian algoritma dalam kamus besar bahasa Indonesia yaitu sebagai urutan logis untuk pengambilan sebuah keputusan dalam memecahkan masalah. Beberapa ilmuan dan para ahli mendefinisikan algoritma secara berbeda namun tertuju pada satu makna dan tujuan. Algoritma biasanya digunakan untuk program komputerisasi, dan sering sekali di implementasikan sebagai jaringan biologis.

Selain itu algoritma sudah umum digunakan sebagai sirkuit elektris pada sebuah perangkat mekanis. Maksud dari pengertian itu sendiri yaitu pemikiran seseorang bagaimana cara untuk pemecahan masalah. Untuk memecahkan masalah dengan rumus matematika digunakan unsur perhitungan yang tepat dan cepat. Jika dengan pemecahan logika maka harus dipikirkan secara logika yang lebih sederhana untuk memecahkan masalah.

Hal dasar atau tahap yang dapat diambil dalam penyajian untuk menggunakan algoritma ini sendiri perlu menentukan tahap awal. Algoritma disajikan dalam dua metode baik itu dalam tulisan maupun gambar, metode atau tahap tersebut biasanya digunakan oleh seorang programmer. Penyajian algoritma dengan bentuk tulisan akan menggunakan pseudocode, jika dalam bentuk gambar umumnya berupa flowchart diagram.

Algoritma memiliki susunan pada tahapan yang dan metode penyelesaian yang rapi, sehingga Anda dapat menilai secara rinci mengenai algoritma.

Pengertian Algoritma dan Contohnya
Pengertian Algoritma dan Contohnya

Fungsi Algoritma 

Umumnya algoritma memiliki fungsi serta tujuan yang sangat utama yaitu memecahkan atau meringankan suatu masalah. Berikut ini merupakan penjelasan fungsi dan tujuan yang sesuai dengan pengertian algoritma dan contohnya.

  • Mengatasi Permasalahan Rumit

Fungsi algoritma yaitu mengatasi permasalahan yang cukup rumit dalam sebuah program terkadang hingga menggunakan rumus perhitungan. Jika penggunaan suatu rumus dalam mengatasi masalah rumit tidak begitu berhasil. Biasanya akan lebih mudah dengan adanya pemecahan masalah menggunakan logika dan pikiran.

  • Menyederhanakan program

Algoritma memiliki tujuan yang dapat meringankan suatu masalah dengan berbagai cara dan langkah yang dapat diterapkan. Dengan begitu Anda bisa menyederhanakan program atau masalah yang semula besar menjadi lebih ringan. Hal ini tentu akan membuat Anda menjadi lebih mudah untuk menyelesaikannya tanpa perlu pemikiran panjang. Dapat memudahkan Anda untuk membuat dan juga menyelesaikan program besar dalam waktu yang cepat.

  • Dapat Diterapkan Berulang Kali

Algoritma merupakan sebuah perumusan yang dapat Anda gunakan sebanyak apa pun dan tanpa batasan. Hal ini karena walaupun metode dan susunan ditulis atau digambar sekali namun dapat digunakan kembali untuk menyelesaikan masalah. Sehingga tidak perlu membuat dan menuliskan rumus dari awal untuk memecahkan suatu masalah. Penerapan seperti ini akan menjadi lebih hemat waktu, hemat tenaga dan juga lebih efektif.

  • Mudah Memperbaiki Suatu Masalah

Saat membuat suatu program Anda mungkin akan mengalami kesalahan sehingga harus diperbaiki. Adanya rumus serta tahap dari algoritma ini akan memudahkan Anda untuk mencari dan memperbaiki kesalahan yang ada. Dengan begitu Anda dapat membuat susunan program yang lebih rapi dan teratur sehingga mudah untuk mencari letak kesalahan.

 Selain itu ketika hendak merubah atau memodifikasi program akan menjadi lebih mudah dan dapat dilakukan dengan satu langkah saja. Cara seperti ini tentu membuat modul yang lainnya menjadi tidak terganggu karena program sudah tersusun secara sistematis. Program dapat diubah sewaktu-waktu tanpa adanya kesulitan dalam mencari dan menyusun program.

Ciri- Ciri Algoritma

Ada lima ciri-ciri dari susunan Algoritma yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari serta dalam program. Ciri-ciri ini yang akan membuat Anda lebih mengetahui dan mengenal algoritma dengan tepat. Penjelasan dari ciri-ciri tersebut ialah sebagai berikut.

  • Terdapat Input

Input di sini merupakan sebuah awal permasalahan yang belum di selesaikan. Artinya dalam sebuah program terdapat suatu masalah yang belum mendapat solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

  • Proses

Pada algoritma terdapat proses yang mana hal ini merupakan suatu rencana atau susunan untuk memecahkan masalah. Anda akan lebih tertuju pada tujuan akhir dari perumusan masalah untuk menemukan titik penyelesaian yang tepat.

  • Terdapat Output

Merupakan sebuah solusi atau langkah akhir yang dapat diambil dan diterapkan dalam mengatasi permasalahan program. Biasanya algoritma memiliki satu atau dua metode output untuk pemecahan suatu masalah.

  • Instruksi  Arahan Jelas Tidak Ambigu

Terdapat susunan arahan yang tepat dan berurutan serta sangat jelas sehingga tidak membingungkan. Instruksi tersebut akan membantu Anda menghasilkan  program yang jelas dan meminimalisir terjadinya kesalahan saat mendapatkan output.

  • Memiliki Tujuan Akhir

Jika dilihat pada pengertian algoritma dan contohnya, maka algoritma yang baik akan memiliki tujuan akhir yang akan dicapai setelah mendapatkan output. Hal ini merupakan tahapan yang akan memberitahu Anda di mana program tersebut akan berhenti saat mencapai tujuan akhir.

Pengertian Algoritma dan Contohnya
Pengertian Algoritma dan Contohnya

Contoh Penggunaan Algoritma

Algoritma tidak hanya ditunjukkan dan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan program saja, tapi juga digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Di bawah ini merupakan contoh penggunaan algoritma yang benar dan sesuai dengan perumusan masalah.

  • Contoh Algoritma Matematika

Hitunglah persamaan dari nilai x dengan persamaan nilai y dengan tepat = 20y + 3x

Penyelesaian yaitu memulai langkah awal, kemudian menentukan kembali nilai y dan menghitung nilai x dan langkah terakhir yaitu penyelesaian.

  • Contoh Algoritma Bersyarat Dalam Kehidupan Sehari-hari

Tuangkan kopi ke dalam gelas secukupnya dan berikan sedikit gula pasir sesuai selera Anda. Panaskan air di atas kompor hingga mendidih, atau dengan memanaskannya pada dispense. Setelah air panas sudah di siapkan maka tuanglah pada gelas yang sudah berisi kopi dan gula tadi secukupnya jangan terlalu banyak. Setelah itu aduk kopi menggunakan sendok kecil dan kopi hangat siap di hidangkan.

Kesimpulan dan Manfaat Dari Algoritma

Berdasarkan penjelasan di atas, algoritma memiliki pengaruh yang berhubungan erat dengan pola pikir manusia. Metode memecahkan masalah dengan susunan yang sistematis dan alur yang lebih rapi. Penerapan algoritma yang tepat seperti pengertian algoritma dan contohnya dapat bermanfaat untuk membantu Anda untuk lebih fokus dalam mencari solusi masalah.

Terimakasih karena telah memilih website ini dan menyempatkan waktu untuk membaca artikel tentang Pengertian Algoritma dan Contohnya, anda berada dipenghujung halaman pada artikel ini, jangan lupa untuk kembali ke website FittingReality.com agar mendapatkan wawasan, pengetahuan atau informasi dari artikel terbaru. Sebarkan postingan ini kepada kerabat anda supaya mereka juga dapat membacanya, semoga bermanfaat.