Asrinya Coban Siuk Malang, Main Air yang Mengasyikkan

Diposting pada

Wisata Coban Siuk Malang – Malang memiliki beragam tempat asri yang dapat dikunjungi dan salah satunya adalah di Coban Siuk Malang. Coban Siuk yang ada di Malang ini adalah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 75-90 meter.

Tempat wisata ini masih terbilang cukup asri karena belum banyak orang yang mengunjunginya. Sehingga jika Anda ke tempat ini, Anda akan merasakan ketenangan dari suara gemericik air dan hijaunya pemandangan di sekeliling coban.

Lokasi, Transportasi dan Medan ke Coban Siuk Malang

Coban Siuk berada di Dusun Krajan, Taji, Jabung, Malang. Tempat Wisata Air Terjun ini memiliki lokasi yang dekat dengan Coban Jahe. Sehingga, jika Anda masih bingung untuk ke Coban Siuk, Anda hanya perlu untuk mengikuti jalan ke arah Coban Jahe.

Nantinya Anda akan sampai ke pertigaan yang menuju ke arah kawasan Coban Jahe. Lalu ambil ke arah kanan. Anda harus melewati jalan aspal yang menanjak tegak agar sampai ke arah Coban Siuk.

Jika sudah sampai kawasan Coban Siuk, Anda dapat menggunakan motor hingga ke air terjun atau Anda harus memarkirkan mobil lebih dahulu kemudian berjalan agak jauh untuk sampai ke air terjun. Hal ini disebabkan karena kawasan Coban Siung belum memiliki tempat parkir mobil yang cukup luas.

Jika Anda ingin ke Coban Siuk, disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Anda dapat menggunakan mobil ataupun motor. Hal ini disebabkan karena belum ada angkutan umum yang dapat mengantarkan Anda hingga ke Coban Siuk.

  Tempat Wisata Dekat Malioboro Yogyakarta yang Tak Boleh Dilupakan

Sangat disarankan menggunakan supir atau pengendara yang sudah ahli. Hal ini disebabkan karena jalan ke Coban Siuk cukup menantang, terlebih jika memasuki musim hujan. Dari sebelum masuk jalur ke Coban Siuk yang menanjak dan cukup tegak, kemudian melewati jalan yang dikelilingi hutan dan jurang di kanan kirinya.

Asal Mula Nama Coban Siuk Malang

Nama Coban Siuk Malang memiliki cerita tersendiri. Kata ‘Coban’ sendiri berarti air terjun. Sedangkan nama ‘Siuk’ diambil dari Mbok Siyok yang merupakan wanita pengelola dan pemelihara tanah dan hutan yang ada di area Coban Siuk. Karena hal tersebut, hingga saat ini air terjun tersebut disebut dengan Coban Siuk.

Aktivitas di Coban Siuk Malang

Ketika Anda sampai di Coban Siuk Malang, ada beragam jenis aktivitas yang dapat Anda lakukan. Mulai dari bersantai hingga bermain di pinggiran air terjun. Aktivitas yang dapat Anda lakukan tersebut, diantaranya yaitu:

  • Bermain Air

Jika Anda suka bermain air atau setidaknya memasukkan kaki ke air, Anda dapat mencoba untuk bermain air di bagian tepian kolam air terjun. Hal ini dikarenakan di bagian pinggiran kolam, tidak memiliki arus yang deras sehingga aman untuk digunakan saat bermain ai, terutama jika Anda membawa anak kecil.

Selain di pinggiran kolam yang ada di sekitar air terjun, Anda dapat bermain air di sungai yang ada di area Coban Siuk. Aliran air yang bening, ditambah dengan bebatuan yang menghiasi sungai, akan membuat Anda betah berlama-lama bermain air. Namun, Anda tetap harus berhati-hati agar tidak tergelincir dan terantuk batu.

  • Berpiknik

Di area Coban Siuk yang ada di daerah Malang, sudah dilengkapi dengan gazebo yang berada di sekitar aliran sungai. Gazebo ini tidak hanya dapat Anda pergunakan sebagai tempat istirahat sementara ketika capek untuk sampai ke air terjun, namun juga sebagai tempat piknik. Anda dapat membawa makanan dan minuman sendiri lalu duduk bersantai bersama keluarga di gazebo Coban Siuk.

  • Mengunjungi Goa Jepang
  Tempat Bermain Anak di Jakarta yang Mendidik tapi Tetap Menyenangkan

Di sekitar Coban Siuk terdapat gua peninggalan Jepang. Anda dapat menyusuri area ini. Namun, sebaiknya sebelum berkunjung ke goa tersebut, Anda bisa menanyakan terlebih dahulu ke penduduk atau pengelola apakah ada hal yang harus dipatuhi atau tidak, misalnya tidak boleh berbicara kotor.

  • Trekking

Dari arah parkiran hingga ke air terjun, memiliki jarak yang lumayan jauh. Anda perlu naik agar dapat melihat air terjun Coban Siuk. Di sepanjang jalan setapak ke Coban Siung, Anda akan menemukan aliran sungai dengan suara gemericik dan hijaunya tebing dan pepohonan sehingga Anda tidak merasakan bosan.

Dengan melewati jalan setapak tersebut, Anda tidak hanya dapat menikmati pemandangan sejuk, namun juga berolahraga. Anda dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk melatih kekuatan paru-paru dan tubuh Anda, misalnya memperkuat otot kaki. Terlebih jika Anda hendak mendaki gunung yang membutuhkan kondisi fisik yang fit.

  • Mengunjungi Coban Sisir

Di area Coban Siuk yang ada di Malang, terdapat juga air terjun kecil yang dikenal dengan nama Coban Sisir. Coban Sisir ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dengan debit air dan arus yang tidak terlalu deras. Sehingga Anda dapat mencoba untuk diguyur air terjun Sisir.

Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari pintu masuk, membuat Anda akan dimanjakan pemandangan air terjun sebelum menemui air terjun Siuk.

  • Berfoto

Coban Siuk yang ada di Malang memiliki pemandangan alam yang memukau. Banyak yang akhirnya menggunakan tempat ini sebagai background untuk berfoto sebelum diunggah ke media sosial. Untuk mendapatkan foto yang bagus, tidak sedikit yang membawa properti sendiri seperti kain etnik.

  • Mengunjungi Songgo Bumi dan Songgo Langit
  Menikmati Sejuknya Alam di Hutan Pinus Semeru

Di area COban Siuk yang ada di malang ternyata tidak hanya ada Coban Sisir yang bisa Anda kunjungi namun juga Coban Songgo Bumi dan Coban Songgo Langit. Sesuai dengan namanya, kedua air terjun tersebut memiliki ketinggian yang lebih tinggi dibandingkan dengan Coban Siuk.

Untuk mencapai Coban Songgo Bumi dan Songgo Langit, maka Anda harus melakukan trekking atau berjalan kurang lebih 2 km. Anda juga harus lebih menyiapkan fisik yang kuat untuk melewati jalur/track untuk sampai ke 2 air terjun tersebut, terlebih jika musim hujan. Jalur yang mudah dilalui akan menjadi becek dan licin saat hujan tiba.

Cerita Unik di Coban Siuk Malang

Hampir di setiap tempat yang ada di Indonesia memiliki cerita tersendiri, termasuk di Coban Siuk Malang. Menurut penjaga keamanan di Coban Siuk, di area air terjun ini terdapat sebuah pohon yang dibungkus dengan kain merah putih.

Pohon tersebut dulunya roboh karena banjir namun tidak ada yang berani memotongnya. Namun, setelah akhirnya ada yang berani memotongnya karena menghalangi jalan ke arah air terjun, di keesokan harinya pohon tersebut sudah berdiri kembali.

Fasilitas Coban Siuk Malang

Selain tempat parkir, Anda dapat menikmati fasilitas umum seperti kamar mandi. Ada tempat sampah di setiap sudut jalan sehingga Anda dapat membuang sampah dengan mudah tanpa harus membuat kotor area wisata.

Selain itu, di area Coban Siuk Malang sudah ada warung yang menyediakan makanan dan minuman. Sehingga jika Anda lupa membawa bekal, Anda dapat memesan makanan ataupun minuman di warung sambil menikmati hijaunya pemandangan.

Terimakasih karena telah memilih website ini dan menyempatkan waktu untuk membaca artikel tentang Asrinya Coban Siuk Malang, Main Air yang Mengasyikkan, anda berada dipenghujung halaman pada artikel ini, jangan lupa untuk kembali ke website FittingReality.com agar mendapatkan wawasan, pengetahuan atau informasi dari artikel terbaru. Sebarkan postingan ini kepada kerabat anda supaya mereka juga dapat membacanya, semoga bermanfaat.