Rainbow Mountain Ala Indonesia, Kelabba Maja NTT yang Eksotis

Diposting pada

Wisata Kelabba Maja NTT – Pernahkan Anda memiliki mimpi untuk melihat pesona gunung pelangi di Zhangye China atau menikmati panorama Painted Hills Oregon? Kelabba Maja adalah alternatif untuk Anda yang sudah tersedia secara alami di tanah air yang tercinta ini. Jika menyaksikan pemandangan alam yang memukau ini, rasanya keinginan untuk mengunjungi tempat-tempat ternama yang ada di luar negeri tersebut terobati sudah.

Bukit beraneka warna yang Nampak memukau ini terletak di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Pulau Sabu, Indonesia. Penasaran? Mari simak ulasan berikut ini.

Pesona Kelabba Maja

Bukit yang penuh dengan warna menawan ini disebut sebut memiliki kemiripan dengan Zhangye Danxia yang berlokasi di Tiongkok. Banyak juga yang terkagum kagum dan membandingkannya dengan Ngarai Grand Canyon yang mempesona dari Amerika. Namun pada kenyataannya, Kelabba Maja eksotis dari Nusa Tenggara Timur Indonesia ini lebih mirip dan hampir serupa dengan Painted Hills dari Oregon, Amerika Serikat.

Kemiripan dengan Painted Hills didasarkan pada karakteristik Kelabba Maja yaitu tebing yang memiliki rupa seperti tabung dengan beragam corak menawan layaknya dilukis dengan sapuan kuas dan tinta dengan aneka warna dan menghasilkan ciri khas warna yang indah. Anda dapat menjumpai beragam warna seperti coklat, putih, merah, dan juga biru pada bebatuan di perbukitan ini.

Kelabba Maja NTT

Keunikan lainnya yang dapat Anda jumpai adalah terdapatnya beberapa batu keseimbangan yang dipercaya sebagai lambing Ibu, Ayah, serta anak. Batu yang berjumlah 3 ini berdiri pada puncak tebing yang sangat runcing dengan sangat kokoh. Selain itu, di Kawasan ini juga terdapat  batu yang digunakan untuk altar pemujaan kepada Dewa. Ritual pemujaan pun dilakukan pada setiap tahunnya. Ritual tersebut diantaranya adalah menyembelih hewan kurban dengan tujuan untuk memohon kepada sang Dewa agar mendapat perlindungan.

  Tempat Bermain Anak di Jakarta yang Mendidik tapi Tetap Menyenangkan

Bukit Kelabba Maja ini dianggap sangat sakral, sehingga setiap wisatawan ataupun siapapun yang berkunjung ke tempat ini dilarang untuk berkata kasar, ataupun bersikap yang tidak sopan. Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, Anda harus melalui perjalanan dimulai dari Kupang, lalu menuju pulau Sabu, setelah itu Anda akan berjalan kaki melintasi rute jalan yang menanjak selama kurang lebih 2 jam.

Akses menuju Kelabba Maja

Akses menuju Kelabba Maja memang  terbilang masih cukup susah dan juga minim infrastruktur. Dikarenakan tempat ini sangat tersembunyi dan berada di dekat pulau Sabu, hal ini menyebabkan tempat ini sangat sulit dijangkau bagi para wisatawan yang hendak berjuang. terpencil di dekat Namun jika mengingat akan pesona keindahan alam yang ditawarkan oleh perbukitan ini, tentunya akses yang sulit itu pun tidak menjadi masalah karena akan terbayar dengan keindahan alam yang menawan.

Perjalanan menuju lokasi akan terasa semakin sulit jika melaluinya tanpa ditemani seorang pemandu wisata yang merupakan warga Sabu itu sendiri. Kondisi jalan yang yang belum selesai alias masih dalam tahap pembangunan oleh pemerintah setempat semakin membuat perjalanan Anda akan terasa sangat menantang. Anda dapat menempuh perjalanan dari Seba hingga ke Kelabba Maja selama  kurang lebih 1,5 hingga 2 jam.

Kelabba Maja  bagaikan surga tersembunyi di NTT

Nusa Tenggara Timur memang terkenal dengan berbagai objek wisata serta keindahan alamnya yang telah berhasil menarik minat banyak pengunjung dari seluruh penjuru negeri bahkan dari para wisatawan mancanegara. Selain terkenal dengan pulau komodonya, pesona Kelabba Maja yang eksotis ini juga tidak dapat terabaikan. Pada acara Angkasa Pura I yang bertema Collaborative Destination Development “explore the amazing destination at east Nusa Tenggara”, yang dilaksanakan pada hari Selasa, November 2012, Gubernur NTT

  Harga Tiket dan Wahana di Taman Safari, Tempat Liburan yang Pas di Akhir Pekan

mengatakan bahwa Nusa Tenggara Timur seperti mendapat anugerah dan menjadi kesayangan tuhan karena memiliki banyak keindahan alam dan telah mampu menarik perhatian ribuan wisatawan dari seluruh penjuru negeri maupun manca. Nusa Tenggara Timur memiliki pulau Alor, pulau Rote sebagai tempat surfing, serta terdapat juga tempat untuk berburu paus di NTT.

Selain pemantapan tersebut, kepala dinas pariwisata NTT, Marius Ardu Jelamu juga mengatakan bahwa Kelabba Maja yang berlokasi di pulau Sabu telah terpilih sebagai “Hidden Gem” baru-baru ini dalam ajang bergengsi Anugerah Pesona Indonesia yang diselenggarakan pada tahun 2018 dan diselenggarakan oleh para voters internasional maupun nasional.

Objek wisata menawan yang satu ini dijaga oleh seorang penduduk setempat yang bernama Efer Weue. Ia menceritakan tentang   bukit-bukit cantic yang mempesona dengan berbagai keunikan ini saat didatangi seorang jurnalis. Ia mengatakan bahwa bukit ini adalah  perpaduan antara petualangan, wisata, serta budaya yang memiliki relasi erat dengan hal agama dengan warga setempat.

Kelabba Maja adalah Tempat Bersemayamnya Dewa Maja

Menurut warga setempat, mereka percaya bahwa Kelabba Maja adalah tempat dimana dewa Maja bersemayam menghuni bukit ini. Dewa Maja itu sendiri adalah dewa yang dipercaya mendiami dusun Kelana lalu yang berada di desa Wadu Medi, kecamatan Hawu Mehara. Atas dasar itu, tempat ini dipercaya sebagai tempat keramat oleh warga setempat dan rutin diadakan ritual pada periode waktu tertentu untuk memohon kesuburan dan juga keselamatan kepada Dewa.

  Berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo Berasa Jalan-jalan di Mesir 

Ritual-ritual tersebut biasanya dilakukan pada bulan juli ketika purnama tiba. Para warga setempat akan mempersembahkan sesajen yang berupa hewan kurban ayam merah, kacang hijau, dan juga sorgum. Lokasi untuk pemujaan ini sangat dianggap sacral yang dikelilingi bebatuan garnit dan juga memiliki daya Tarik tersendiri yang sangat magis yang akan Anda rasakan saat mengunjungi tempat ini.

Makna kata Kelabba Maja

Kata Kelabba Maja itu sendiri terdiri dari dua kata yang digabung menjadi sebuah nama yang memiliki arti yang penuh makna. Ke’labba memiliki arti tanah abu, sedangkan Maja memiliki arti nama Dewa atau juga disebut sebagai “tempat para Dewa”.  Saking sakralnya bukit Kelabba Maja ini, menyebabkan warga sekitar melarang para wisatawan untuk naik hingga ke puncak batu bukit ini karena memiliki pantangan tertentu dan dikhawatirkan jika dilarang justru akan menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

Tebing yang penuh ukiran bagaikan dipahat oleh tangan raksasa dengan tambahan gradasi warna yang anggun, marun, coklat, kelabu, putih, pink, tentunya akan sangat memanjakan mata Anda. Berbagai wawasan budaya, sejarah juga sekaligus dapat Anda  pelajari jika berkunjung ke tempat eksotis yang satu ini, meskipun melalui jalan yang cukup sulit, hal itu akan terbayar dengan pesona keindahan bukit ini.

Itulah ulasan mengenai Kelabba Maja, tempat eksotis yang disebut sebut sebagai rainbow mountain ala Indonesia. Tak perlu jauh jauh ke luar negeri untuk dapat menyaksikan keindahan Grand canyon maupun sejenisnya. Cukup menyesuaikan budget yang anda punya untuk dapat menuju lokasi menawan yang satu ini. Anda juga dapat berkunjung ke tempat ini Bersama rekan kerja, teman, maupun keluarga Anda untuk refreshing sekaligus menambah wawasan budaya Anda mengenai surga tersembunyi yang berada di Nusa Tenggara Timur Indonesia ini.

Terimakasih karena telah memilih website ini dan menyempatkan waktu untuk membaca artikel tentang Rainbow Mountain Ala Indonesia, Kelabba Maja NTT yang Eksotis, anda berada dipenghujung halaman pada artikel ini, jangan lupa untuk kembali ke website FittingReality.com agar mendapatkan wawasan, pengetahuan atau informasi dari artikel terbaru. Sebarkan postingan ini kepada kerabat anda supaya mereka juga dapat membacanya, semoga bermanfaat.